ja_mageia


  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Home
Kajian Pemetaan Partisipatif
Thursday, 14 June 2012 10:20

Resume Penelitian

Efektivitas Pemetaan Partisipatoris Dalam Menjaga Kepentingan Masyarakat Desa

(Studi Kasus Pada Tiga Desa Di Sekitar Wilayah Kerja PT. SBK-Kalteng Blok Seruyan-Katingan)

Oleh:

Pujo Semedi*, Agung Wicaksono, Muhammad Ichsan R., Hernung Saktyorini, Aji Prasetyo

(Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)

*Associate Professor

A. Pendahuluan

Pemetaan partisipatoris didefinisikan sebagai penyusunan informasi geo-spasial sauatu wilayah di atas lembar bidang rata dengan mengikutsertakan warga masyarakat wilayah tersebut sehingga informasi keruangan lokal dan bermakna penting bagi masyarakat dapat dihadirkan. Kekuatan pemetaan partisipatoris terletak pada pengakuan bahwa masyarakat memiliki pengetahuan yang sistematis mengenai wilayah tempat tinggal  dan lingkungan kerja mereka (Pain, 2004). Pemetaan partisipatoris telah berkembang sebagai suatu pendekatan sosio-spasial alternative yang terbukti efektif menyelesaikan berbagai masalah pembangunan masyarakat atas dasar kebijakan terpusat (top down), membantu identifikasi potensi bencana melalui penandaan daerah rawan bencana (Denneis et.al., 2005), dapat dipergunakan sebagai penyelesai perselisihan antar wilayah yang diklaim oleh dua pihak berbeda (Li, 2007), serta dapat menjadi alat yang kuat guna menjaga kepentingan politik-ekonomi dan sosial-budaya suatu masyarakat atas wilayah tempat tinggal mereka.

Last Updated on Thursday, 14 June 2012 10:30
Read more...
 
KERJASAMA IUPHHK-HA PT. SARI BUMI KUSUMA DENGAN UNIVERSITAS KYOTO PDF Print E-mail
Thursday, 31 May 2012 08:50

PT. Sari Bumi Kusuma (PT. SBK), sebagai salah satu perusahaan IUPHHK yang telah menerima sertifikat ekolabel berstandar Forest Stewardship Council (FSC), memiliki komitmen yang tinggi dalam menerapkan Pengelolaan Hutan Alam Produksi Lestari (PHAPL). Salah satu upaya yang ditempuh untuk mewujudkan PHAPL adalah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga perguruan tinggi dalam negeri ataupun luar negeri.

Kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi dalam negeri telah dilakukan dengan melibatkan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam penelitian di bidang produksi, ekologi, silvikultur dan sosial masyarakat. Untuk kerjasama dengan pihak luar negeri, sejak tahun 2010 PT. SBK telah menandatangani nota kesepakatan dengan Departemen Ilmu Kehutanan dan Biomaterial, Sekolah Pasca Sarjana Pertanian Universitas Kyoto-Jepang.

Last Updated on Thursday, 31 May 2012 09:04
Read more...
 
PT. Sari Bumi Kusuma – Kalimantan Tengah telah menyelesaikan kegiatan Re-Asessment Standard FSC oleh Rainforest Alliance
Tuesday, 29 May 2012 09:08

IUPHHK-HA PT. Sari Bumi Kusuma-Kalimantan Tengah telah melaksanakan kegiatan re-asessment standar FSC oleh Rainforest Alliance. Penilaian kinerja berdasarkan prinsip-prinsip FSC ini sudah pada tahun yang ke-5, artinya penilaian kali ini menentukan apakah sertifikat FSC diperpanjang atau tidak. Dalam pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh Rainforest Alliance, seluruh aspek dari semua prinsip, indikator dan kriteria FSC dikomparasikan dengan hasil kerja yang sudah dilakukan oleh PT. Sari Bumi Kusuma. Dan yang paling utama dalam penilaian ini adalah konsistensi terhadap aplikasi di lapangan dan dokumentasi dari hasil-hasil kegiatan yang baik dan sesuai dengan prosedur yang telah dibuat.

Last Updated on Thursday, 31 May 2012 09:01
Read more...
 
Rainforest Alliance Re-Assessment Plan for PT Sari Bumi Kusuma

Rainforest Alliance Re-Assessment Plan for PT Sari Bumi Kusuma

 

Read more...
 
Untuk Hutan Kalimantan, AS Hibahkan Rp367 M PDF Print E-mail

VIVAnews - Amerika Serikat melalui United States Agency for International Development(USAID) menghibahkan dana sebesar US$40 Juta atau sekitar Rp367 miliar untuk pelestarian hutan di Kalimantan Barat. Dana hibah itu bertujuan untuk mengurangi penebangan liar di hutan-hutan Indonesia.

Hibah ini merupakan bagian dari program USAID IFAC (Indonesia Forest Climate Support Project) dalam bidang perubahan iklim, pengelolaan hutan berkelanjutan, serta mengurangi emisi karbon. Program ini juga ditujukan untuk membantu pemerintah pusat dalam meningkatkan keahlian pemerintah daerah, masyarakat madani, serta sektor swasta dalam bidang konservasi serta pengelolaan sumber daya hutan, keanekaragaman hayati dan jasa ekosistem.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 Next > End >>

Page 5 of 6
Wednesday, 22 November 2017

Certificate

certificate
Tahukah anda pilihan anda hari ini akan menentukan apa yang akan terjadi esok karenanya jangan pernah mengeluh dengan akibat dari pilihan anda.