ja_mageia


  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Home PT. Sari Bumi Kusuma – Kalimantan Tengah telah menyelesaikan kegiatan Re-Asessment Standard FSC oleh Rainforest Alliance
PT. Sari Bumi Kusuma – Kalimantan Tengah telah menyelesaikan kegiatan Re-Asessment Standard FSC oleh Rainforest Alliance
Tuesday, 29 May 2012 09:08

IUPHHK-HA PT. Sari Bumi Kusuma-Kalimantan Tengah telah melaksanakan kegiatan re-asessment standar FSC oleh Rainforest Alliance. Penilaian kinerja berdasarkan prinsip-prinsip FSC ini sudah pada tahun yang ke-5, artinya penilaian kali ini menentukan apakah sertifikat FSC diperpanjang atau tidak. Dalam pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh Rainforest Alliance, seluruh aspek dari semua prinsip, indikator dan kriteria FSC dikomparasikan dengan hasil kerja yang sudah dilakukan oleh PT. Sari Bumi Kusuma. Dan yang paling utama dalam penilaian ini adalah konsistensi terhadap aplikasi di lapangan dan dokumentasi dari hasil-hasil kegiatan yang baik dan sesuai dengan prosedur yang telah dibuat.

Tim penilaian dari Rainforest Aliance antara lain adalah Titik Setyawati (lead auditor/aspek produksi ekologi), Satria Astana (aspek Sosial), dan Wahyu Riva (aspek CoC & Sosial).

Penilaian dilakukan pada tanggal 20 – 27 Mei 2012, yang dimulai dengan opening meeting pada pukul 09.00 wib tanggal 21 Mei 2012 di Ruang Rapat Base Camp Km. 35 PT. Sari Bumi Kusuma – Kalimantan Tengah. Kemudian dilanjutkan dengan cek dokumen-dokumen atas pemenuhan CARs yang muncul dari tahun 2007 hingga tahun 2011. Pemeriksaan dokumen kemudian dilanjutkan dari sore hingga dini hari selama re-asessment berlangsung, sedang pemeriksaan pada kegiatan di lapangan dilaksanakan mulai pagi hingga sore hari sampai dengan tanggal 26 Mei 2012 yang kemudian ditutup dengan closing meeting dan kemudian pemeriksaan dilanjutkan ke logpond Popay hingga logpond Sintang.

Dari hasil pemeriksaan pada seluruh aspek kegiatan yang telah dilakukan PT. Sari Bumi Kusuma-Kalimantan Tengah, dapat disampaikan oleh Tim Rainforest Alliance pada saat closing meeting diantaranya adalah; untuk CARs tahun 2011 pada indikator 4.2.7 dan 6.2.2 secara keseluruh dapat di CLOSED berarti perusahaan telah memenuhi kedua indikator tersebut dengan baik. Namun ada beberapa catatan yang menjadi “pekerjaan” selanjutnya antara lain yang pertama menjadi NCR minor yaitu pada indikator Standar ref. 4.2.6 dan terdapat 3 (tiga) temuan atau observasi yaitu pada Standar. 5.1.1, 3.1.3 dan Standar 4.2.4. Namun hal ini masih bisa diperbaiki sebelum final report dibuat oleh tim RA, sehingga jumlah NCR dan Observasi bisa berubah atau bisa tidak ada sama sekali.

Pencapaian ini sangat membanggakan dan mendapatkan apresiasi dari tim Rainforest Alliance kepada Unit Manajemen yang memiliki tim SFM yang solid sehingga banyak hal yang menjadi kendala bagi tim RA dapat dituntaskan dengan secepatnya. Salut untuk Tim SFM PT. Sari Bumi Kusuma-Kalimantan Tengah yang dikawal oleh bapak Susilo Purnomo, S.Hut untuk kebersamaannya, semoga kinerja selanjutnya menjadi lebih baik dan semakin baik. (cnn_35 by elthrey2012).

## GOOD JOBS TEAM ##

Last Updated on Thursday, 31 May 2012 09:01
 
Tuesday, 12 December 2017

Certificate

certificate
"Memilih dari sedikit pilihan jauh lebih baik daripada kita tidak punya pilihan dikemudian hari"
Admin