ja_mageia


  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Home
Penerapan Perlakuan Silvikultur untuk Mendukung Rehabilitasi Areal Bekas Tebangan di Kawasan Hutan Hujan Tropis Propinsi Kalimantan Tengah PDF Print E-mail
Written by SBK   
Friday, 25 October 2013 13:03

Penerapan Perlakuan Silvikultur

untuk Mendukung Rehabilitasi Areal Bekas Tebangan

di Kawasan Hutan Hujan Tropis Propinsi Kalimantan Tengah

Widiyatno, Na’iem Moh, Kanzaki Mamoru, Purnomo Susilo, Jatmoko

J-SustaiN Vol. 1, No. 2 (2013) 50-55 51

 

1. Pendahuluan

Indonesia memiliki 24% dari total luas hutan hujan tropis dunia dan luas tersebut adalah terbesar kedua di dunia.  Sementara itu, di tingkat Asia Tenggara, areal hutan tropis Indonesia mencapai proporsi 48%.

Salah satu famili pohon utama yang tumbuh di hutan hujan tropis di Indonesia adalah Dipterocarpaceae. Dipterocarpaceae termasuk famili penting karena memiliki beberapa jenis pohon penghasil produk kayu.

Pada saat ini, masalah utama yang dihadapi hutan hujan tropis Indonesia adalah proses deforestasi dan degradasi yang disebabkan alih fungsi lahan menjadi hutan tanaman, illegal logging dan penggunaan lahan lainnya untuk perkebunan sawit, pertambangan dll. Rata-rata tingkat degradasi hutan di Indonesia mencapai 498.000 ha per tahun (2000-2010).

 

Last Updated on Friday, 25 October 2013 13:05
Read more...
 
Hasil Survei Populasi dan Distribusi Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus wurmbii) dan Wau-wau (Hylobates albibarbis) di areal PT Sari Bumi Kusuma Blok Katingan dan Seruyan PDF Print E-mail
Written by SBK   
Monday, 29 April 2013 10:09

I. Pendahuluan

a. Latar belakang

Menurut IUCN Red List Data tahun 2008, orangutan Kalimantan dikategorikan sebagai spesies genting (endangered). Populasi orangutan Kalimantan diduga telah berkurang 50% dalam kurun waktu 60 tahun terakhir.

Di samping itu, dalam waktu 20 tahun terakhir, habitat orangutan Kalimantan juga sudah berkurang sedikitnya 55% akibat perubahan fungsi hutan alam menjadi perkebunan kelapa sawit, illegal logging dan kebakaran hutan (WWF, 2009).

Saat ini, diperkirakan 75 % orangutan Kalimantan hidup di luar kawasan yang dilindungi, terutama di areal konsesi IUPHHK (Singleton dkk, 2004).

Konsesi IUPHHK berperan penting dalam mendukung kelangsungan hidup orangutan. Hal tersebut karena selain menjadi habitat yang memadai bagi orangutan, juga berfungsi sebagai penghubung (wildlife corridor) habitat satwa-satwa ini dengan kawasan yang dilindungi seperti Taman Nasional.

Selain itu, dari segi landsekap, areal PT Sari Bumi kusuma juga sangat strategis karena berada di dalam kawasan Heart of Borneo (HoB) dan juga berbatasan dengan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

 

Last Updated on Monday, 29 April 2013 10:27
Read more...
 
Kunjungan Tamu dari Negara Asia Pasifik Dalam Rangka Study Tour RIL dan SFM PDF Print E-mail
Written by SBK   
Wednesday, 26 December 2012 09:28

Sebagai salah satu perusahaan yang telah menerapkan metode Reduced Impact Logging (RIL) dan Sustainable Forest Management (SFM), PT. Sari Bumi Kusuma - Kalimantan Tengah menjadi daya tarik tersendiri bagi tamu dari dalam maupun luar negeri. Tak terkecuali bagi tamu-tamu dari Negara-negara Asia Pasifik yang berkunjung pada tanggal 27 - 30 Nopember 2012 lalu.  Agenda kunjungan yang bertujuan untuk melihat langsung penerapan RIL dan SFM tersebut, difasilitasi oleh TFF (Tropical Forest Foundation) dan GIZ (Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit), diikuti oleh sebanyak lima belas orang dari instansi kehutanan, akademisi serta karyawan swasta yang berasal dari Papua Nugini, Fiji, Vanuatu dan Solomon.

Last Updated on Wednesday, 26 December 2012 09:49
Read more...
 
Musang Gunung Diplogale hosei ditemukan di Areal PT Sari Bumi Kusuma PDF Print E-mail
Written by SBK   
Wednesday, 01 August 2012 08:37

Para peneliti dari Universitas Kyoto dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah  merekam keberadaan Musang Gunung (Diplogale hosei), salah satu jenis karnivora yang jarang dijumpai di Borneo, di areal PT Sari Bumi Kusuma (SBK).

Menurut Hiromitsu Samejima dari Universitas Kyoto dan Gono Setiadi dari LIPI, hal tersebut merupakan catatan pertama spesies tersebut terdapat di Indonesia, sekitar 500 km dari batas sebaran yang diketahui saat ini (Sabah, Serawak dan Brunei).

Last Updated on Wednesday, 01 August 2012 08:46
Read more...
 
PELATIHAN IDENTIFIKASI SATWA LIAR DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PDF Print E-mail
Wednesday, 04 July 2012 11:53

(Kerjasama PT. Sari Bumi Kusuma-Kalimantan Tengah dengan Fakultas Kehutanan UGM)

 

Peningkatan kapasitas Sumberdaya Manusia merupakan salah satu upaya yang tidak dapat dipisahkan dalam mewujudkan Pengelolaan Hutan Lestari (PHL). Keberadaan tenaga-tenaga atau SDM yang mumpuni sangat diperlukan dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip dalam proses PHL yang dapat ditempuh dengan mengikutsertakan para karyawan dalam kegiatan pelatihan, diklat maupun kursus yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah, perguruan tinggi maupun NGO.

Last Updated on Wednesday, 04 July 2012 12:09
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 Next > End >>

Page 4 of 6
Wednesday, 22 November 2017

Certificate

certificate
Yakinlah bahwa keputusan anda hari ini akan berpengaruh terhadap apa yang akan anda alami dimasa datang.